Dua Nagari di Pantai Cermin ikuti Monev Tutup Buku Tahun Anggaran 2019

By Kecamatan Pantai Cermin 06 Feb 2020, 08:02:22 WIB Pemerintahan
Dua Nagari di Pantai Cermin ikuti Monev Tutup Buku Tahun Anggaran 2019

Pantai Cermin. 05/2/2020. Untuk mengoptimalkan pengelolaan keuangan di Nagari, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Solok, hari ini mengunjungi Kecamatan Pantai Cermin bersama tim gabungan yang terdiri dari Inspektorat Daerah, Badan Keuangan Daerah dan Tenaga Ahli Pendamping Nagari, guna melaksanakan monev tutup buku keuangan Nagari 2019 versi SISKEUDES pada dua Nagari yaitunya Lolo dan Surian.
Tim Monev Kabupaten menghadirkan para Wali Nagari beserta perangkat Nagari, bendahara dan operator dari 2 Nagari. Langkah ini dilakukan untuk memantau perkembangan penerapan aplikasi Siskeudes yang digunakan bendahara dan operator Nagari dalam mengelola keuangan Nagari.
Dalam sambutannya Camat Pantai Cermin, Chrismon Darma, S.IP mengucapkan selamat datang kepada Tim Monev di Kecamatan Pantai Cermin, dan menghimbau kepada Wali Nagari terlebih khusus kepada petugas pentausahaan keuangan serta asset Nagari untuk melaksanakan tertib administrasi keuangan nagari, untuk memanilisir kesalahan yang ada, sebab kesalahan pasti saja bisa terjadi.
Kabid Keuangan Nagari DPMN Kabupaten Solok, Rosmadeli, SKM, M. Biomed dalam pengantarnya menyampaikan kegitan monev tutup buku ini dilaksanakan tiap tahun, sebagai bentuk pembinaan pelaporan penerimaan dan pengeluaran keuangan nagari, ini untuk memanilisir kesalahan administrasi di nagari, dan pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan evaluasi perencanaan Tahun 2020.
Dalam kesempatan yang sama Inspektur Daerah Kabupaten Solok melalui Irban Wilayah IV, Sudirman, S. Pd, MM, menerangkan bahwa Inspektorat Daerah adalah Aparat Pengawasan Internal Pemerintah ( APIP ), mengharapkan kepada para Wali Nagari agar senantiasa menjalin komunikasi intensif supaya dalam perjalanan kepemerintahan di Nagari tidak mengalami kendala terkait keuangan Nagari atau bahkan terjerat masalah hukum terkait pengelolaan keuangan di Nagari.
Sementara itu, Wali Nagari Lolo, Aldimes Rosya mengucapkan terima kasih atas pembinaan monev tutup buku yang dilakukan pihak Kabupaten, sehingga ketika dalam pelaksanaan penata usahaan keuangan di nagari tidak berada dalam kegamangan dan tidak memiliki banyak kesalahan mengingat besaran dana yang dikelola oleh Nagari.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment